Terima kasih atas kunjungannyA

nonton yuk !!

Kamis, 17 Juli 2008

Biar Aman Di Jalan


Sebenarnya, tak seorangpun pengemudi kendaraan bermotor yang menginginkan terjadinya gangguan kendaraannya” selama dalam perjalanan. Apakah gangguan ringan seperti “mogok” sampai kepada gangguan yang terberat. Selain bagi pengemudi sendiri yang akan mengalami keterlambatan sampai ke tujuan, gangguan tersebut dapat juga mengakibatkan timbulnya kemacetan, pelanggaran atau kecelakaan lalu lintas.
Walau hanya gangguan ringan seperti mogok misalnya akibat kehabisan bahan bakar, kehabisan air radiator yang mengakibatkan mesin panas dan lain-lain, tetapi bila terjadi pada saat padat lalu lintas maka tidak menutup kemungkinan keringat dingin akan mengucur membasahi wajah dan tubuh si pengemudi…ditambah lagi jikakendaraan-kendaraan di belakangnya ramai-ramai membunyikan klakson!
Jika sudah terjadi demikian, si pengemudi hanya dapat menyesali dirinya dan baru timbul pemikiran untuk mengontrol jkendaraannya terlebih dahulu sebelum berangkat.
Perlu disadari, bahwa setiap pemakai jalan, mau atau tidak mau turut terlibat dan bertanggung jawab dalam menciptakan situasi dan kondisi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar.
Sebagai pedoman yang mudah dilakukan (sebaikna dijadikan kebiasaan) guna mencegah timbulnya “gangguan kendaran” tadi, dapat kiranya digunakan petunjuk-petunjuk sebagai berikut:
Sebagai pengemudi kendaraan bermotor, maka:
1. Sebelum berangkat teliti dahulu:
- Apakah kesehatan Anda cukup baik untuk pengemudi
- Apakah SIM, STNK dan KTP ada pada saku Anda
- Periksalah peralatan kendaraan seperti:
Apakah ban cukup anginnya (tidak kempis), atau tidak gundul/permukaan licin. Apakah lampu isyarat, rem dan lampu rem, lampu besar, kipas kaca (wiper), stir kemudi berfungsi dengan baik. Alat-alat seperti dongkrak, kunci roda dan segitiga pengaman ada di kendaraan.
Apakah air dalam radiator, air pembersih kaca atau wiper, dan oli mesin cukup?
Tidak selalu tetapi perlu diperiksa oli rem, air accu dan lain-lain. Usahakan berangkat lebih awal daripada waktu yang diperkirakan untuk sampai ke tujuan sehingga apabila terjadi kemacetan tidak perlu terburu-buru sehingga terpaksa ngebut.

0 comment: