Terima kasih atas kunjungannyA

nonton yuk !!

Jumat, 29 Agustus 2008

Makna Islam Dalam Al - Qur'an

Al-Qur'an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW menjadi
petunjuk bagi manusia dalam kehidupan dunia dan akherat.
Al-Qur'an sebagai mu’jizat yang terbesar diberikan kepada Nabi Muhammad SAW dan sebagai umat manusia, seluruhnya mengandung berbagai macam ajaran dan persoalan yang dibutuhkan mereka untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akherat.
Islam adalah agama yang paling sempurna diantara agama lain yang ada di muka bumi ini.
Dengan demikian maka makna islam dalam al-Qur'an menurut UII (Universitas Islam Indonesia) dalam bukunya al-Qur'an dan tafsirnya terkandung dalam 1 QS. Al-Baqoroh ayat 208, yang berarti

Artinya : Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu kedalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah – langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

Ayat ini menekankan supaya orang-orang mukmin, baik yang baru saja masuk Islam seperti halnya orang yahudi yang bernama Abdullah bin Salam, maupun ia seorang munafiq yang masih melakukan hal-hal yang bertentangan dengan ajaran Islam supaya mereka itu taat melaksanakan ajaran Islam sepenuhnya, jangan setengah – setengah, jangan seperti mengerjakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan, tetapi shalat lima waktu ditinggalkan.
Dan surat yang ke-2 yaitu QS. Al-Maidah ayat 3 yang berarti

Artinya : Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah ku ridhai Islam itu jadi agama bagimu ...

Dalam ayat ini Allah menjelaskan tentang sesuatu yang penting bagi Nabi Muhammad SAW dan bagi seluruh umat Islam, bahwa Allah telah menyempurnakan agama Islam dan telah mencukupkan nikmat-Nya, serta telah ridha agama Islam menjadi agama umat manusia.

Kesimpulan :
1. Allah memerintahkan supaya ajaran-ajaran Islam dilaksanakan secara keseluruhan
2. Dengan turunnya ayat terakhir ini, maka sempurnalah ajaran Agama Islam, sempurna pula nikmat Allah kepada orang-orang mukmin.

0 comment: